Karena Hidup Hanya Sekali, Maka Berjuanglah Berkali-Kali dan Jadilah Insan Yang Gemilang
sampaikanlah informasi blog ini ke teman-teman anda, sebagai upaya serta sarana dakwah kita semua, dan jangan lupa untuk tinggalkan pesan guna perbaikan

Rabu, 02 Juni 2010

RPP MATEMATIKA KELAS 6 SD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1 Menggunakan sifat-sifat pengerjaan hitung termasuk pengerjaan hitung campuran, FPB, dan KPK.
Indikator : 1.1.1 Menyelesaikan pengerjaan hitung menggunakan sifat komutatif maupun distributif.
1.1.2 Menyelesaikan perhitungan dengan cepat pada pengerjaan hitung campuran.
1.1.3 Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan atau lebih dengan beberapa cara.
1.1.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan pengerjaan hitung dengan menggunakan sifat komutatif, sifat distributif, dan sifat campuran.
2. Siswa dapat menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih.
3. Siswa dapat menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih.
4. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK.

B. Materi Ajar
1. Pengerjaan hitung bilangan.
2. FPB dan KPK.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengerjaan hitung bilangan.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan penunlahan dan pengurangan.
Kegiatan Inti
1. Siswa diminta berdiskusi menyelesaikan beberapa contoh yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan.
2. Guru dan siswa mendiskusikan cara cepat menyelesaikan soal yang mengandung sifat komutatif dan distributif.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.


Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tnetang pengerjaan hitung bilangan.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, maupun pembagian.

Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Melalui dialog kelompok, siswa diharapkan dapat :
a. Menyebutkan tata urutan pengerjaan hitung bilangan.
b. Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengerjaan hitung campuran.
3. Masing-masingmasing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dankelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengerjaan hitung bilangan bulat.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali tentang FPB dan KPK.
Motivasi : Konsep tentang FPB dan KPK banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa berdiskusi tentanga kegunaan FPB.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan siswa lain menanggapi.
3. Siswa membuat kesimpulan tentang kegunaan FPB dan cara menemukan FPB dengan bimbingan guru.
4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Keempat (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tentang FPB dan KPK.
Motivasi : Konsep tentang FPB dan KPK banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa berdiskusi tentang kegunaan KPK.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dansiswa lain menanggapi.
3. Siswa membuat kesimpulan tentang kegunaan KPK dan cara menemukan KPK dengan bimbingan guru.
4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat kepada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan kapur berwarna

F. Penilaian
Teknik tes : Tes tertulis
Bentuk instrumen : isian dan uraian
Contoh instrumen :
1. 25 x 17 = 17 x n, n = …
2. 18 x 125 + 625 : 5 = …
3. Tentukan FPB dan KPK dari :
a. 108 dan 180
b. 20,24 dan 80
4. Lampu A menyala setiap detik.
Lampu B menyala setiap 6 detik.
Kapan kedua lampu akan menyala bersama?

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



S TEJOHARIADI SISWOKO, SPd
NIP.131 923 932 NIP 131 923 932


























Sekolah : SD N NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
Indikator : 1.2.1 Mennetukan hasil pangkat tiga.
1.2.2 Menentukan hasil akar pangkat tiga.
1.2.3 Menyelesaikan pengerjaan hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga (bilangan kubik)
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan hasil pangkat tiga.
2. Siswa dapat menemukan hasil akar pangkat tiga.
3. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.

B. Materi Ajar
1. Pangkat tiga.
2. Akar pangkat tiga.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali pengerjaan hitung bilangan (pangkat).
Motivasi : Membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pangkat tiga.
Kegiatan Inti
1. Melalui diskusi, siswa diminta menyelesaikan beberapa contoh soal yang berhubungan dengan pangkat tiga.
2. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pangkat tiga.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tnetang pengerjaan hitung bilangan pangkat tiga.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan pangkat tiga.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan akar pangkat tiga.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalahyang berhubungan dengan akar pangkat tiga.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (4 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali tentang bilangan tiga dan akar pangkat tiga.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan pangkat tiga dan akar pengkat tiga.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan pangkat tiga dan akar pengkat tiga.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, kapur berwarna, dan bangun-bangun kubus.
F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian dan uraian
Contoh instrumen :
Lengkapilah soal-soal berikut.
1. 93 = …. 6. = ….
2. 123 = …. 7. = ….
3. 273 = …. 8. = ….
4. 333 = …. 9. = ….
5. 513 = …. 10. = ….
Jawablah pertanyaa-pertanyaan berikut.
1. Sebuah akuarium berbentuk kubus dengan panjang rusuk 60 cm. Akuarium tersebut diisi penuh air. Berapa liter air yang dapat ditampung?
2. Volume sebuah kubus 2.197 cm3. Berapa sentimeter panjang rusuk kubus?

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬____________ __________
NIP. NIP.
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan pengerjaan hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.
Indikator : 1.3.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengerjaan hitung bilangan.
1.3.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penggunaan pangkat tiga.
1.3.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penggunaan akar pangkat tiga.
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan hasil pangkat tiga.
2. Siswa dapat menentukan hasil akar pangkat tiga.
3. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.

B. Materi Ajar
1. Pangkat tiga.
2. Akar pangkat tiga.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali pengerjaan hitung bilangan berpangkat.
Motivasi : Membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pangkat tiga.
Kegiatan Inti
1. Siswa diminta berdiskusi menyelesaikanbeberapa contoh soal yang berhubungan dengan pengerjaan hitung pangkat tiga.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusiny, sedangkan siswa lain menanggapi.
3. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pangkat tiga.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tentang pengerjaan hitung bilangan pangkat tiga.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang melibatkan pengerjaan hitung bilangan pangkat tiga.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan akar pangkat tiga.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, kapur berwarna, penggaris, dan bangun-bangun kubus.

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian dan uraian
Contoh instrumen :
Lengkapilah soal-soal berikut.
1. 93 + 53 = ….
2. 133 - 73 = ….
3. 63 + 33 = ….
4. + = ….
5. : = ….
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Nurul membuat dua kubus yang masing-masing panjang rusuknya 10 cm dan 16 cm. Berapa jumlah volume kedua kubus tersebut?
2. Sebuah balok mempunyai panjang 24 cm, lebar 9 cm, dan tingginya 8 cm. Apabila volume kubus sama dengan volume balok, tentukan panjang rusuk kubus.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP.131 923 932 NIP 131 923 932


















Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengenal satuan debit.
Indikator : 2.1.1 Menentukan satuan debit untuk mengisi bak yang sudut diketahui volumenya.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan satuan debit air.
2. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit air.

B. Materi Ajar
Pengukuran (Debit).

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang satuan volume dan satuan waktu.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa dalam melakukan demonstrasi mengenai debit air.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Setiap kelompok melakukan percobaan dan pengamatan.
3. Masing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatannya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali hasil pengamatan pertemuan yang lalu.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan debit air.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Setiap kelompok mendiskusikan tentang debit air.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan debit.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, kapur berwarna, kran, pralon, air, tempat air, stop-watt, dan jam tangan.

F. Penilaian
Teknik : Tes perbuatan dan tes tertulis
Bentuk instrumen : Pengamatan dan isian
Contoh instrumen :
1. Amatilah kran kecil yang dibuka, dalam 1 menit air yang dipancarkan ….liter
2. Amatilah kran besar yang dibuka, dalam 1 menit air yang dipancarkan ….liter
3. 3 m3/detik = ….liter/detik
4. 0,5 dm3/detik = ….cc/detik

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


S TEJOHARIADI SISWOKO
NIP.131 923 932 NIP 131 923 932



































Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit.
Indikator : 2.2.1 Menentukan hubungan antara satuan luas dan volume.
2.2.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan satuan luas dan volume.
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan hubugnan antara satuan luas dan volume.
2. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan satuan luas dan volume.

B. Materi Ajar
Pengukuran (Debit).

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang satuan volume dan satuan waktu.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa dalam melakukan demonstrasi mengenai debit air.

Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan melakukan pengamatan secara berkelompok, siswa diharapkan dapat menemukan hubungan antara satuan volume dan satua waktu.
3. Masing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatannya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru dan murid mengadakan demonstrasi.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
4. Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tentang debit air.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan debit air.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Setiap kelompok melakukan percobaan dan pengamatan.
3. Masing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatannya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, kapur berwarna, kran, pralon, air, tempat air, stop-watch.

F. Penilaian
Teknik : Tes perbuatan dan tes tertulis
Bentuk instrumen : Pengamatan dan isian
Contoh instrumen :
1. Laporan kegiatan
No Obyek yang Diteliti Volume Air Waktu Debit




2. Sebuah saluran irigasi mempunyai debit air 72 liter/detik. Berapa meter kubik air yang mengalir dalam saluran irigasi tersebut selama 1 jam?


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP. 131 923 932 NIP : 131 923 932




























Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
Kompetensi Dasar : 3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana.
Indikator : 3.1.1 Menentukan luas bangun datar sederhana
3.1.2 Menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan dari sua bangun datar sederhana.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan luas segitiga.
2. Siswa dapat menentukan luas persegi.
3. Siswa dapat menentukan luas persegi panjang.
4. Siswa dapat menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan dari segitiga dan persegi.
5. Siswa dapat menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan dari segitiga ddan persegi panjang.

B. Materi Ajar
1. Luas bangun datar.
2. Luas gabungan dua bangun datar.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang luas bangun datar.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa dalam menyelesaikan masallah yang berhubungan dengan luas bangun datar.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat :
a. menemukan luas segitiga yang sudah diketahui dua unsurnya (luas, alas, atau tinggi).
b. Menemukan luas persegi bila diketahui salah sau unsurnya (luas atau sisi).
3. Masing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatannya dan kelompok lain menanggapi.
4. Melalui demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas segitiga dan luas persegi.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang luas bangun datar.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas bangun datar.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Setiap kelompok mendiskusikan tentang debit air.
a. menemukan luas persegi panjang bila diketahui 2 undurnya (luas, panjang, atau lebar).
b. Menemukan luas trapesium bila diketahui 2 unsurnya (lias, sisi sejajar, atau tinggi).
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas persegi panjang, luas trapesium, dan luas jajargenjang.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali tentang luas bangun datar.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah luas segi banyak (gabungan dua bangun datar)
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. melalui diskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan luas segi banyak.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Meelalui demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas segi banyak.
5. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, model bangun-bangun datar, dan penggaris.

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian
Contoh instrumen :
1.

Luas = … cm2



2. Luas = … cm2




3. Lebar = …. cm




4. Luas = …. cm2





5.






Luas daerah yang diarsir adalah ……...cm2


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


S.TEJOHARIADI SISWOKO,SPd
NIP 130 314 454. NIP 131 923 932





















Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
Kompetensi Dasar : 3.2 Menghitung luas lingkaran
Indikator : 3.2.1 Menentukan luas lingkaran yang diketahui diameternya.
Menentukan luas lingkaran yang diketahui diameternya.
Menggunakan konsep luas lingkaran untuk menentukan luas bangun datar yang merupakan bagian dari suatu lingkaran.
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan luas lingkaran bila diketahui jari-jarinya.
2. Siswa dapat menemukan luas lingkaran bila diketagui diameternya.
3. Siswa dapat menentukan luas bangun datar yang merupakan bagian dari suatu lingkaran.

B. Materi Ajar
1. Pengukuran.
2. Luas lingkaran.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (1 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang luas bangun datar.
Motivasi : Membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bangun datar.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat :
a. Menemukan luas lingkaran bila diketahui jari-jarinya.
b. Menemukan luas longkaran bila diketahui diameternya.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas lingkaran.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tebtabg luas lingkaran.
Motivasi : Membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas lingkaran.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Melalui berdiskusi kelompok siswa diharapkan dapat menemukan luas bangun datar yang merupakan bagian dari luas lingkaran.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan laporannya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas lingkaran.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, model bangun-bangun lingkaran, jangka, dan penggaris.

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian
Contoh instrumen :
1.
Luas = …. cm2


2. Luas = …. cm2


3. Luas = …. Cm2




4.



Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP.130 314 454 NIP 131 923 932









Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
Kompetensi Dasar : 3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingakaran.
Indikator : 3.3.1 Menghitung volume prisma segitiga.
3.3.2 menentukan volume tabung.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan volume prisma ssegitiga bila diketahui luas alas dan tingginya.
2. Siswa dapat menemukan tinggi prisma segitiga bila diketahui volume dan luas alasnya.
3. Siswa dapat menemukan volume tabung bila diketahui jari-jari alas tingginya.
4. Siswa dapat menemukan tinggi tabung bila diketahui volume dan diameter alasnya.

B. Materi Ajar
1. Pengukuran.
2. Volume prisma segitiga.
3. Volume tabung.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang luas segitiga.
Mengingat kermbali tentang volume bangun ruang
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa untuk menemukan volume prisma segitiga.

Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan volume prisma segitiga.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan laporannya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan prisma segitiga.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tentang volume bangun ruang.
Motivasi : Apabila materi ini fikuasai dengan baik,maka akan dapat membantu siswa untuk menemukan volume prisma segitiga.s
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Melalui diskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan volume prisma segitiga.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Melalui demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan volume prisma segitiga.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (4 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tentang luas lingkaran
Motivasi : Apabila materi ini fikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa untuk menemukan volume tabung.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan volumr tabung.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemosntrasikan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan volume tabung.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, model bangun-bangun ruang, kubus, balok prisma segitiga, tabung dan penggaris

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian
Contoh instrumen :
1. Volume = ….cm3 3. Volume = …..cm3

2. Volume = cm3 4. Volume = …..cm3





Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP. NIP.131 923 932
Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan mengolah data.
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengumpulkan dan membaca data.
Indikator : 4.1.1 Menghitung dan mengolah data.
4.1.2 Menggambar dan membaca diagram batang.
4.1.3 Menggambar dan membaca diagram lingkaran
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengumpulkan data.
2. Siswa dapat mengolah data.
3. Siswa dapat menggambar diagram batang
4. Siswa dapat membaca diagram batang.
5. Siswa dapat menggambar diagram lingkaran.
6. Siswa dapat membaca diagram lingkaran.

B. Materi Ajar
Penyajian data: - Mengumpulkan data
- Menggambar data
- Membaca data

C. Metode Pembelajaran
Penugasan,diskusi kelompok demonstrasi,dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (4 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian data
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam pengolahan data.

Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Setiap kelompok mengumpulkan data tentang nilai ulangan, tinggi badan,maupun berat badan siswa.
3. Secara kelompok siswa mendiskusikan data yang dikumpulkan dan mengolahnya.
4. Setiap kelompok menyampaikan hasil laporannya dan kelompok lain menanggapi.
5. Guru menjelaskan teknik pengumpulan dan pengolahan data.

Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (5 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengamati diagram batang.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan diagram batang.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat:
a. menggambar diagram batang.
b. Membaca diagram batang.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menggamabar dan membaca diagram batang.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengamati diagram lingkaran
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan diagram lingkaran.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat:
a. menggambar diagram lingkaran.
b. Membaca diagram lingkaran.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Melalui demonstrasi, guru menunjukkan cara menggambar dan membaca diagram lingkaran.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, gambar diagram batang, dan gambar diagram lingkaran.

F. Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja.
Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan uji petik kerja produk
Contoh instrumen :
1. Catatlah hasil ulangan matematika kelasmu.
No. Nilai Banyak Siswa
1.
2.
3.
4.
5.
6. 5
6
7
8
9
10 …





Jumlah

2. Gambarlah data tersebut ke dalam diagram batang.
3. Gambarlah data tersebut ke dalam diagram lingkaran.

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


S.TEJOHARIADI SISWOKO,SPd
NIP.130 314 454 NIP : 131 923 932














































Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan mengolah data.
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel.
Indikator : 4.2.1 Membuat tabel.
4.2.2 Membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel.
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengumpulkan data.
2. Siswa dapat mengolah data.
3. Siswa dapat membuat tabel.
4. Siswa dapat membaca data.
5. Siswa dapat mengurutkan data.

B. Materi Ajar
Penyajian data: - Membuat tabel
- Mengurutkan data

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian data
Motivasi : banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Setiap kelompok mengumpulkan data.
3. Secara kelompok siswa mendiskusikan data yang dikumpulkan dan mengolahnya.
4. Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
5. Guru menjelaskan teknik pengolahan data menjadi tabel.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengamati tabel.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan tabel.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat membuat tabel dang mengurutkan datanya.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara mengurutkan data.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, data, dan gambar tabel.

F. Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja.
Bentuk instrumen : Uji petik kerja produk.
Contoh instrumen :
Setelah siswa mengumpulkan data diperoleh data sebagai berikut.
Nilai matematika dari 10 siswa yaitu :
70 80 50 60 50
80 70 90 60 60
1. Buatlah tabelnya.
2. Urutkan datanya mulai dari nilai yang terendah.

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas

S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP.130 314 454 NIP 131 923 932































Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan mengolah data.
Kompetensi Dasar : 4.3 Menafsirkan sajian data
Indikator : 4.3.1 Menjumlahkan data.
4.3.2 Menentukan nilai rata-rata.
4.3.3 Menentukan nilai yang sering muncul.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjumlahkan data.
2. Siswa dapat menentukan rata-rata data
3. Siswa dapat menentukan nilai yang sering muncul.

B. Materi Ajar
Penyajian data: - Menjumlah data
- Menentukan nilai rata-rata
- Menentukan nilai yang sering muncul

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (4 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengamati data.
Motivasi : Melalui pengamatan data, siswa diharapkan mampu membaca data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menentukan jumlah data.
3. Setiap kelompok menyampaikan hasil laporannya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menjumlah data.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengamati diagram
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, banyak kegiatan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan diagram.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan nilai rata-rata suatu data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menemukan nilai rata-rata suatu data.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengamati diagram.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menentukan nilai yang sering muncul.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Guru mendemonstrasikan cara menentukan nilai yang sering muncul.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, diagram batang, diagram lingkaran, tabel, dan penggaris.
F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian dan uraian.
Contoh instrumen :
Perhatikan diagram di bawah ini


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP 130 314 454 NIP 131 923 932
















Sekolah : SD N NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 5. Melakukan pengerjaan hitung pecahan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan.
Indikator : 5.1.1 Menyimpulkan cara menyederhanakan pecahan.
Mengurutkan pecahan dengan benar.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyederhanakan pecahan dengan cara membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
2. Siswa dapat menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB.
3. Siswa dapat menyamakan penyebut pecahan.
4. Siswa dapat mengurutkan pecahan.

B. Materi Ajar
Bilangan pecahan
- Pecahan senilai
- Menyederhanakan pecahan
- Mengurutkan pecahan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (1 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang pecahan
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan cara menyederhanakan pecahan.
3. Tiap-tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menyederhanakan pecahan.
5. Siswa melakukan soal-soal latihan peda buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (1 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : a. Membahas tugas rumah.
b. Mengingat kembali tentang pecahan senilai.
Motivasi : Memudahkan siswa dalam mengurutkan pecahan.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat mengurutkan pecahan.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara mengurutkan pecahan.
5. Siswa diminta mencoaba mengalikan suatu bilangan dengan cara bercucu di papan tulis.
6. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI,.
2. Kapur berwarna.
3. Model-model pecahan
4. Penggaris.

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian
Contoh instrumen :
Sederhanakn pecahan-pecahan berikut.
1. = ….. 4. = …..
2. 5.
3.
Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil.

1. urutannya………….
2. urutannya………….
3. urutannya………….
4. urutannya……………



Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP.130 314 454 NIP 131 923 932







Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 5. Melakukan pengerjaan hitung pecahan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal.
Indikator : 5.2.1 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengubah pecahan biasa ke pecahan.
2. Siswa dapat mengubah pecahan decimal ke pecahan biasa.

B. Materi Ajar
Pecahan decimal

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (1 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang pecahan.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan mampu menemukan cara mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk pecahan desimal.
3. Masing-masing kelompok menyampikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal ke pecahan biasa.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. sGuru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan mampu menemukan cara mengubah pecahan desimal ke bentuk pecahan biasa.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara mengubah pecahan desimal ke bentuk pecahan biasa.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Kapur berwarna.
3. Model-model pecahan.

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulus.
Bentuk instrumen : Isian
Contoh instrumen :
1. Ubahlah pecahan berikut menjadi pecahan desimal.
a. d.
b. e.
c.
2. Ubahlah pecahan desimal berikut menjadi pecahan biasa yang paling sederhana.
a. 0,6 = ….
b. 0,875 = …..
c. 2,05 = …..
d. 5,002 = ….
e. 0,08 = ….

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


S.TEJOHARIADI SISWOKO NIP.130 314 454 NIP 131 923 932



















Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 5. Melakukan pengerjaan hitung pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau jumlah tertentu
Indikator : 5.3.1 Menentukan nilain pecahan yang merupakan perbandingan antara sebuah bilangan dan bilangan lain.
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan.
2. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai pecahan.

B. Materi Ajar
Nilai pecahan

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang pecahan.
Motivasi : Materi ini akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan diskusi kelompok,siswa diharapkan dapat menemukan nilai pecahan dari suatu bilangan.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasul diskusiny, sedangkan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara meneeemukan nilai pecahan dari suatu bilangan.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengannilai pecahan dari suatu bilangan.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menemuukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai pecahan dari suatu bilangan.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Kapur berwarna
3. Model-model pecahan

F. Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja.
Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan uji petik kerja produk
Contoh instrumen :
Kerjakan soal-soal berikut.
1.
2.
3.
4.
5.

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP 130 414 454. `NIP 131 923 932 .


Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 5. Melakukan pengerjaan hitung pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 5.4 Melakukan pengerjaan hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
Indikator : 5.4.1 Menyelesaikan pengerjaan hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
Menyelesaikan pengerjaan hitung perkalian dan pembagian yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
Menyelesaikan pengerjaan hitung campuran yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
2. Siswa dapat menyelesaikan pengurangan berbagai bentuk pecahan.
3. Siswa dapat menyelesaikan perkalian berbagai bentuk pecahan.
4. Siswa dapat menyelesaikan pembagian berbagai bentuk pecahan.
5. Siswa dapat menyelesaikan pengerjaan hitung campuran yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.

B. Materi Ajar
Pengeerjaan hitung bilangan pecahan

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang penjumlahan dan pengurangan.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubugnan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : a. Membahas tugas rumah.
b. Mengingat kembali perkalian dan pembagian pecahan
Motivasi : Materi ini akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan perkalian dan pembagian pecahan.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara mengerjakan perkalian dan pembagian pecahan campuran.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI .
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (4 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : a. Membahas tugas rumah.
b. Mengingat kembali pengerjaan hitung campuran.
Motivasi : Materi ini akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengerjaan hitung campuran bilangan pecahan campuran.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan pengerjaan hitung campuran bilangan pecahan campuran.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Kapur berwarna.
3. Model-model pecahan.

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian
Contoh instrumen :
1.
2.
3.
4. 0,75 +
5. Titin mempunyai meter pita. Ia membeli lagi gulung pita. Setiap gulung panjangnya 2,75 meter. Panjang pita Titin semua ada ……

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas,


S. TEJOHARIADI SISWOKO
NIP 130 314 454. NIP.131 923 932







































Sekolah : SDNH NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 5. Melakukan pengerjaan hitung pecahan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala.
Indikator : 5.5.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang melibatkan skala.
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan perbandingan bila diketahui salah satu nilai besaran yang dibandingkan.
2. Siswa dapat menyelesaikan perbandingan bila diketahui jumlah nilai kedua besaran yang dibandingkan
3. Siswa dapat menyelesaikan perbandingan bila diketahui selisih nilai keduas besaran yang dibandingkan.
4. Siswa dapat menentukan jarak yang sebenarnya.
5. Siswa dapat menentukan jarak pada gambar.
6. Siswa dapat menentukan skala.

B. Materi Ajar
1. Perbandingan.
2. Skala.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang perbandingan.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan perbandingan bila diketahui:
a. salah satu nilai besaran yang dibandingkan.
b. Jumlah kedua nilai besaran yang dibandingkan.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara menemukan perbandingan bila diketahui salah satu nilai besaran dan jumlah nilai kedua besaran yang dibandingkan.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : 1. Membahas tugas rumah.
2. Mengingat kembali tentang perbandingan.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang diselesaikan dengan perbandingan.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan perbandingan bila diketahui selisih nilai kedua besaran yang dibandingkan.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menemukan perbandingan bila diketahui selisih nilai kedua besaran yang dibandingkan.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (4 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : 1. Membahas tugas rumah.
2. Mengingat kembali tentang skala
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan skala.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan skala.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan skala.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbinan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Peta.
3. Kapur berwarna
4. Penggaris

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Uraian
Contoh instrumen :
1. Umur Ayu : umur Ani = 2 : 3. Jika umur Ayu 12 tahun. Berap tahun umur Ani.
2. Uang Amir uang Burhan. Jumlah uang mereka Rp. 35.000,00. Berapa rupiah uang mereka masing-masing?
3. Jarak kota A ke kota B dalam peta 2 cm. Skala peta 1 : 7.500.000. Berapa km jarak kota A ke kota B sebenarnya?



Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP.130 314 454 NIP 131 923 932


















































Sekolah : SDN NGEMBEH III
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 6.1 Membuat denah letak benda.
Indikator : 6.1.1 Menggambar letak benda.
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menggambar koordinat.
2. Siswa dapat menentukan letak benda dalam bidang koordinat.

B. Materi Ajar
Bidang koordinat
- Membuat daerah letak benda

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang skala.
Motivasi : Memudahkan siswa membuat denah.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat membuat denah letak benda.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara membuat denah letak benda.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : 1. Membahas tugas rumah.
2. Mengingat kembali tentang skala.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang baerhubungan dengan denah.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menggambar letak benda.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menggambar letak benda.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Buku Matriks.
3. Gambar peta.
4. Kapur berwarna.

F. Penilaian
Teknik : Tes perbuatan.
Bentuk instrumen : Uji petik kerja produk.
Contoh instrumen :
Jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Gambarlah denah ruang sekolahmu.
2. Buatlah gambarnya pada kertas berukuran 25 x 30 cm.
3. Berilah keterangan masing-masing ruangannya.


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


S.TEJOHARIADI SISWOKO
NIP.130 314 454 NIP 131 923 932 NIP.
































Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
Indikator : 6.2.1 Menentukan letak titik pada sistem koordinat.
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi sistem koordinat.
2. Siswa dapat menentukan letak titik pada bidang koordinat.

B. Materi Ajar
Mengenal letak koordinat suatu benda

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang koordinat.
Motivasi : Banyak kegiatan yang berkaitan dengan koordinat
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menjelaskan fungsi sistem koordinat.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menjelaskan fungsi sistem koordinat.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Konsep tentang koordinat banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan mampu menunjukkan letak titik pada sistem koordinat.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menemukan letak titik sistem koordinat.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. buku matriks.
3. Kapur berwarna

F. Penilaian
Teknik : Tes perbuatan
Bentuk instrumen : Uji petik perbuatan
Contoh instrumen :
Titik B (………)
Titik C (……….)
Titik D (……….)
Titik E (……….)
Titik F (………..)
Titik G (……….)
Titik H (……….)
Titik I (……….)
Titik J (……….)


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.




























Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
Indikator : 6.3.1 Membaca gambar pada bidang koordinat Kartesius.
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan titik pada bidang koordinat Kartesius.
2. Siswa dapat menggambar bangun datar pada bidang koordinata Kartesius.

B. Materi Ajar
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang sistem koordinat.
Motivasi : Banyak kegiatan yang berkaitan dengan koordinat.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan letak titik pada bidang koordinat Kartesius.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan letak titik pada bidang koordinat Kartesius.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Dengan membahas tugas rumah, akan memudahkan siswa menggambar bangun datar pada bidang koordinat Kartesius.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menggambar bangun datar pada bidang koordinat Kartesius.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menggambar bangun datar pada bidang koorsinat Kartesius.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Bidang koordinat Kartesius
3. Buku Matriks.
4. Kapur berwarna.

F. Penilaian
Teknik : Tes perbuatan
Bentuk instrumen : Uji petik kerja produk
Contoh instrumen :
Gambarkan pada bidang koordinat Kartesius titik-titik berikur. Hubungkan titik-titik tersebut. Gambar apa yang terbentuk?
1. A(-8,1); B(-2,1); C(-2,7); D(-8,7)
2. E(1,2); F(8,2); G(8,7); H(1,5)
3. K(-7,-2); L(-3,-2); M(-5,-6); N(-1,-6)
4. P(4,-9); Q(7,-3); R(4,-1); S(1,-3)







Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.























Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data.
Kompetensi Dasar : 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram, batang, dan lingkaran.
Indikator : 7.1.1 Mengidentifikasi data.
7.1.2 Menulis dan membaca data dalam bentuk tabel.
7.1.3 Menulis dan membaca data dalam bentuk diagram batang
7.1.4 Menulis dan membaca dalam bentuk diagram lingkaran.
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi data.
2. Siswa dapat menulis dan membaca kata dalam bentuk tabel.
3. Siswa dapat menulis dan membaca data dalam bentuk diagram batang.
4. Siswa dapat menulis dan membaca data dalam bentuk diagram lingkaran.

B. Materi Ajar
Menyajikan data.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang data.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan memudahkan siswa dalam menulis dan membaca data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menulis dan membaca data dalam bentuk tabel.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara menulis dan membaca dalam bentuk tabel.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Konsep ini dapat membantu siswa dalam menulis dan membaca data dalam bentuk diagram batang
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menulis dan membaca diagram batang.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menulis dan membaca diagram batang.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Konsep ini dapat membentu siswa dalam menulis dan membaca data dalam bentuk diagram lingkaran.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan mampu menemukan cara menulis dan membaca diagram lingkaran.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menulis dan membaca diagram lingkarans.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Diagram batang dan diagram lingkaran.
3. Kapur berwarna

F. Penilaian
Teknik : Tes perbuatan
Bentuk instrumen : Uji petik kerja produk
Contoh instrumen :
1. Kumpulkan data tentang hasil ulangan Matematika kelas VI.
2. Sajikan dat tersebut kedalam bentuk:
a. tabel,
b. diagram batang,
c. diagram lingkaran,


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


_____________ __________
NIP. NIP.


Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data.
Kompetensi Dasar : 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data.
Indikator : 7.2.1 Menentukan nilai rata-rata sekumpulan data.
7.2.2 Menentukan modus sekumpulan data.
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengolah data.
2. Siswa dapat menentukan nilai rata-rata sekumpulan data.
3. Siswa dapat menentukan nilai modus sekumpulan data.

B. Materi Ajar
Mengolah data.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengamati data.
Motivasi : Dengan mengamati data, sisw diharapkan mampu mengolah data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat mengolah data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara mengolah data.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : 1. Membahas tugas rumah.
2. Mengamati diagram.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, banyak kegiatan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan diagram.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan nilai rata-rata sekumpulan data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan nilai rata-rata sekumpulan data.
6. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : 1. Membahas tugas rumah.
2. Mengamati diagram.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan nilai modus sekumpulan data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menemukan nilai modus sekumpulan data.
6. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbinan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Diagram batang dan diagram lingkarang.
3. Tabel
4. Penggaris

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Uraian
Contoh instrumen :
Satu kompi pramuka terdiri atas 60 anak
15 anak tingginya 125 cm
15 anak tingginya 130 cm
10 anak tingginya 135 cm
20 anak tingginya 140 cm
Tentukan;
a. Tinggi rata-ratanya.
b. Nilai modusnya.


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


______________ __________
NIP. NIP.






Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data.
Kompetensi Dasar : 7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
Indikator : 7.3.1 Menentukan nilai tertinggi sekumpulan data.
7.3.2 Menentukan nilai terendah sekumpulan data.
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan nilai tertinggi sekumpulan data.
2. Siswa dapat menentukan nilai terendah sekumpulan data.

B. Materi Ajar
Mengolah data

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengamati sekumpulan data..
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan data
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menentukan nilai tertinggi dan terendah sekumpulan data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara menentukan nilai tertinggi, nilai terendah sekumpulan data
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Motivasi : Mengingat kembali tentang pengolahan data.

Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat mengurutkan data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara mengurutkan data
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.


E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Matematika VI.
2. Sekumpulan data.
3. Diagram
4. Kapur berwarna

F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Uraian
Contoh instrumen :
Berikut ini data besar iuran sukarela dari 20 anak.
200, 250, 150, 350, 350
400, 200, 350, 150, 500
200, 400, 350, 300, 300
450, 200, 350, 250, 300
a. Berapa rupiah iuran terendah?
b. Berapa rupiah iuran tertinggi?
c. Urutkan mulai dari iuran yang terendah.

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


______________ __________
NIP. NIP.



























Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data.
Kompetensi Dasar : 7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data.
Indikator : 7.4.1 Menemukan nilai terendah data.
7.4.2 Menemukan nilai tertinggi data.
7.4.3 Mengurutkan data.
7.4.4 Menemukan nilai rata-rata.
7.4.5 Menemukan modus data.
7.4.6 Menuliskan dan membaca diagram.
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan nilai terendah data.
2. Siswa dapat menemukan nilai tertinggi data.
3. Siswa dapat mengurutkan data.
4. Siswa dapat menemukan nilai rata-rata.
5. Siswa dapat menemukan modus data.
6. Siswa dapat menulis dan membaca diagram.

B. Materi Ajar
Pengolahan data
- Menafsirkan hasil pengolahan data.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengamati sekumpulan data..
Motivasi : Dengan mengolah data siswa diharapkan dapat menentukan nilai terendah dan nilai tertinggi data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan nilai terendah, nilai tertinggi, dan mengurutkan data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara menentukan nilai tertinggi, nilai terendah, maupun mengurutkan data.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengamati sekumpulan data.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan data.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan nilai rata-rata dan modus data.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menemukan nilai rata-rata dan modus data.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan diagram.
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menulis dan membaca diagram.
3. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
4. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan cara menulis dan membaca diagram.
5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika VI karangan.
Penutup
1. Dengan bimbinan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Matematika VI.
F. Penilaian
Teknik : Tes perbuatan
Bentuk instrumen : Uji petik kerja produk
Contoh instrumen :
6, 7, 8, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 9
7, 6, 5, 7, 6, 7, 7, 9, 8, 7
1. Sajikan data dalam bentuk tabel
2. Tentukan nilai terendahnya.
3. Tentukan nilai tertingginya.
4. Tentukan nilai rata-ratanya.
5. Tentukan modusnya.
6. Urutkan dari nilai yang terendah.
7. Gambarlah dalam bentuk diagram batang.
8. Gambarlah dalam bentuk diagram lingkaran.

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


_____________ __________
NIP. NIP.

Komentar :

ada 1
analisis pembelajaran mengatakan...
pada hari 

Bagus, mohon izin nyuplik

Posting Komentar