Karena Hidup Hanya Sekali, Maka Berjuanglah Berkali-Kali dan Jadilah Insan Yang Gemilang
sampaikanlah informasi blog ini ke teman-teman anda, sebagai upaya serta sarana dakwah kita semua, dan jangan lupa untuk tinggalkan pesan guna perbaikan

Rabu, 02 Juni 2010

RPP MATEMATIKA KELAS 1 SD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
Tema : Diri Sendiri, Keluarga
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan).

StandarKompetensi
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda.
Indikator :
1.1.1 Mengidentifikasi benda
1.1.2 Mengelompokkan benda.
1.1.3 Membandingkan banyak benda.


A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan banyak baenda di sekitarnya.
2. Siswa dapat menuliskan bilangan 1 sampai dengan 5.
3. Siswa dapat mengelompokkan benda yang ada di sekitarnya.
4. Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama dengan.

B. Materi Ajar
1. Identifikasi benda.
2. Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 5.
3. Mengelompokkan benda.
4. Membandingkan banyak benda.

C. Metode Pembelajaran
Pengamatan, demonstrasi, dan penemuan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengamati benda-benda yang ada di sekitar.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Dengan mengamati, siswa diminta menyebutkan benda-benda yang ada disekitarnya.
2. Guru mendemonstrasikan cara menulis bilangan 1 sampai dengan 5.
3. Siswa mencoba menulis bilangan 1 sampai dengan 5.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang membilang banyak benda yang terdapat pada buku Matematika I
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta menyalin tulisan di papan tulis.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali bilangan 1 sampai dengan 5.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan membilang banyak benda.

Kegiatan Inti
1. Siswa diminta mengelompokkan benda-benda sejenis yang ada di sekitarnya.
2. Masing-masing siswa diminta menghitung jumlah benda di tiap-tiap kelompok.
3. Siswa diminta menuliskan banyak benda angka.
4. Guru mengamati dan membantu siswa dalam kegiatan tersebut.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali bilangan 1 sampai dengan 5.
Motivasi : Bilangan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang banyak benda.
2. Beberapa siswa diminta memasangkan kelompok buku dengan kelompok pensil.
3. Siswa diminta memebandingkan antara kelompok buku dengan kelompok pensil dengan istilah lebih sedikit, lebih banyak, atau sama dengan.
4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan kartu bilangan.

F. Penilaian
Teknik : Pertanyaan, simulasi.
Bentuk instrumen : Lisan, unjuk kerja.
Contoh instrumen :
1. Coba hitung berapa banyak jari tangan kananmu?
2. Bandingkan banyak bukumu dengan banyak pensil teman semejamu?
3. Coba tuliskan bilangan 1 sampai dengan 5.


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.











Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
StandarKompetensi : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengurutkan banyak benda.
Indikator : 1.2.1 Menghitung banyak benda secara urut.
1.2.2 Mengurutkan kelompok bilangan dari yang terkecil atau dari yang terbesar.
1.2.3 Menuliskan lambang bilangan sesuai dengan urutannya.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menghitung banyak benda secara urut.
2. Siswa dapat mengurutkan kelompok bilangan dari yang terkecil atau tebesar.
3. Siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuai dengan urutannya.

B. Materi Ajar
1. Menghitung banyak benda secara urut.
2. Mengurutkan kelompok bilangan.
3. Menuliskan lambang bilangan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengamati benda-benda yang ada di sekitar.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Secara berdialog, siswa dapat menyebutkan beberapa benda yang terdapat di dalam kelas secara urut dari yang paling sedikit atau yang paling banyak.
2. Siswa dan guru mendiskusikan tentang cara mengurutkan banyak benda dari yang banyak maupun yang sedikit.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang urutan kumpulan benda yang terdapat pada buku sumber Matematika I
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali tentang urutan bilangan.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan urutan bilangan.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang urutan bilangan.
2. Guru mendemonstrasikan cara mengurutkan bilangan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali urutan bilangan.
Motivasi : Konsep tentang urutan bilangan banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa mengurutkan lambang bilangan dari yang terkecil atau sebaliknya.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedang kelompok lain diminta menanggapi.
3. Melalui bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang urutan bilangan atau benda yang terdapat pada buku sumber MatematikaI.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru,siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
4. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan kartu bilangan.

F. Penilaian
Teknik : Tes, kuis.
Bentuk instrumen : Tertulis.
Contoh instrumen :
Urutkan kelompok bilangan di bawah ini dari yang terkesil.
3; 5; 4; 1; 2.




Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas




_____________ __________
NIP. NIP.














Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
StandarKompetensi : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Kompetensi Dasar : 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Indikator : 1.3.1 Menyelesaikan pengerjaan hitung dengan simbol (+) dan (=).
.3.2 Menyelesaikan pengerjaan hitung dengan simbol (-) dan (=).
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6 kali pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menggunakan simbol (+) pada penjumlahan.
2. Siswa dapat menggunakan simbol (-) pada pengurangan.
3. Siswa dapat menjumlahkan bilangan sampai dengan 5.
4. Siswa dapat mengurangi bilangan sampai dengan 5.
5. Siswa dapat mengenal bilangan nol dan bilangan 6 sampai dengan 9.
6. Siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan sampi dengan 9.
7. Siswa dapat menuliskan lambang bilangan 10 sampai dengan 20.
8. Siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan sampai 20.

B. Materi Ajar
1. Penggunaan simbol (+) dan (-) pada penjumlahan dan pengurangan.
2. Penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5.
3. Bilangan nol, 6 sampai dengan 9.
4. Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 9.
5. Pengenalan lambang bilangan 10 sampai dengan 20.


C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demostrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali penjumlahan dan pengurangan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta mengartikan simbol(+) dan (-) pada penjumlahan.
2. Guru dan siswa mendiskusikan tentang kedudukan (+) dan (-) pada penjumlahan dan pengurangan.
3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang penjumlahan benda sampai dengan 5 yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang pengurangan bilangan sampai dengan 5.
2. Guru mendemonstrasikan pengurangan bilangan sampai dengan 5.
3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali bilangan 1 sampai dengan 5.
Motivasi : Apabila meteri ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang bilangan 0 dan bilangan 6 sampai dengan 9.
2. Guru mendemonstrasikan cara menulis angka 0 dan angka 6 samapai dengan 9.
3. Siswa menulis angka 0 dan angka 6 sampai dengan 9.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru,siswa diminta membuat rangkuman..
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Keempat (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali penjumlahan dan pengurangan.
Motivasi : Banyak maslah di masyarakat yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.

Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta menghitung jumlah jari tangan kiri dan kanan.
2. Guru dan siswa mendiskusikan penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 9.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah

Pertemuan Kelima (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa diminta memperhatikan angka-angka pada kalender.
2. Beberapa siswa diminta membaca angka-angka tersebut.
3. Guru mendemonstrasikan penulisan bilangann 10 sampai dengan 20.
4. Siswa diminta mengerjakan tugas latihan menulis bilangan 10 sampai dengan 20 pada buku tulisnya.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru,siswa diminta membuat rangkuman..
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.


Pertemuan Keenam (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali penjumlahan dan pengurangan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa mendiskusikan penjumlahan samapi dengan 20.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain diminta menanggapinya.
3. Dengan bimbingan guru, siswa menarik kesimpulan.
4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, benda-benda di sekitar rumah, kalender, penggaris.

F. Penilaian
Teknik : Tes, kuis.
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis.
Contoh instrumen :
1. 1 + 3 = …..
2. 2 + 2 = …..
3. 4 – 2 = …...
4. 5 – 3 = …...
5. Banyak kelereng delapan ditulis…..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


_____________ __________
NIP. NIP.









Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
StandarKompetensi : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Kompetensi Dasar : 1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
Indikator : 1.4.1 Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.
Menyelesaikan masalh dalam soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyatakan masalah sehari-hari dengan bahasanya sendiri yang berkaitan dengan penjumlahan.
2. Siswa dapat menyatakan masalah sehari-hari dengan bahasanya sendiri yang berkaitan dengan pengurangan.
3. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita.

B. Materi Ajar
Penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali penjumlahan dan pengurangan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka dapat membantu siswa dalam memecahan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta mengemukakan masalah yang pernah dialami.
2. Guru dan siswa mendiskusikan tentang masalah penjumlahan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.

Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa siswa berdiskusi tentang masalah yang berkaitan dengan pengurangan.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan permasalahan yang dialami, sementara yang lain diminta menanggapi.
3. Secara demonstrasi, guru menunjukkan cara pemecahan masalah.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.

Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Konsep tentang penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang penyelesaian soal cerita.
2. Dengan bimbingan guru, siswa menarik kesimpulan tentang penyelesaian masalah dalam soal cerita.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks.

F. Penilaian
Teknik : Tes, kuis.
Bentuk instrumen : Tertulis.
Contoh instrumen :
1. Banyak murid kelas I ada 19 anak.
Murid laki-laki ada 11 anak.
Berapa banyak murid perempuan?
2. Andi mempunyai kelereng 8 butir.
Diberi paman 7 butir.
Berapa jumlah kelereng Andi sekarang?

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


_____________ __________
NIP. NIP.











Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
Sekolah : Sekolah
StandarKompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu dan penjang.
Kompetensi Dasar : 2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat).
Indikator : 2.1.1 Mengenalkan konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari.
Membaca tanda waktu melalui jam.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenali konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari.
2. Siswa dapat membaca tanda waktu melalui jam.

B. Materi Ajar
1. Pengenalan konsep waktu.
2. Membaca tanda waktu melalui jam.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali konsep waktu dalam kegiatan sehari-hari.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.


Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta menyebutkan waktu pada saat melakukan suatu kegiatan sehari-hari.
2. Guru dan siswa mendiskusikan tentang waktu untuk melakukan suatu kegiatan sehari-hari.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tentang konsep waktu.
Motivasi : Bahasa kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu.
Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok.
2. Melalui diskusi, siswa diharapkan dapat membaca jam.
3. Secara demonstrasi, guru menunjukkan cara membaca jam..
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan jam dinding.
F. Penilaian
Teknik : Pertanyaan
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis.
Contoh instrumen :
1. Manakah yang membutuhkan waktu lama atau sebentar?
a. Tidur c. Makan pagi
b. Mandi d. Belajar.
2. Sekolah masuk pukul…………..


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.

































Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
StandarKompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
Kompetensi Dasar : 2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
Indikator : 2.2.1 Mengenalkan satuan waktu seperti hari, minggu, dan bulan.
Menjelaskan perbedaan waktu seperti hari, minggu dan bulan.
Memberikan contoh lamanya suatu kejadian berlangsung.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal satuan waktu hari, minggu, dan bulan.
2. Siswa dapat menjelaskan perbedaan waktu antara hari, minggu, dan bulan.
3. Siswa dapat memberikan contoh lamanya suatu kejadian berlangsung.

B. Materi Ajar
1. Pengenalan konsep waktu.
2. Membaca tanda waktu melalui jam.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali hari, minggu, dan bulan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu.
2. Guru dan siswa mendiskusikan tentang kegiata-kegiatan di sekolah yang berlangsung pada hari-hari tertentu.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang waktu kegiatan di sekolah yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakuakan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali kegiatan pada hari-hari tertentu di sekolah.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta menyebutkan nam-nama hari dalam satu minggu.
2. Secara demonstrasi, guru menunjukkan nama-nama hari dalam satu minggu pada kalender.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 83.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.


Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali nama-nama bulan dalam kehidupan sehari-hari.
Motivasi : Konsep tentang waktu banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa diminta berdiskusi menghitung banyak hari dan banyak minggu dalam satu bulan.
2. Siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan yang lain diminta menanggapi.
3. Dengan bimbingan guru, siswa menarik kesimpulan.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan kalender.

F. Penilaian
Teknik : Pertanyaan
Bentuk instrumen : Lisan
Contoh instrumen :
1. Ketika jarum pendek jam menunjuk angka 9 dan jarum panjang menunjuk angka 12 waktunua pagi hari saat itu pukul………..
2. Sebutkan nama hari dalam satu minggu………
3. Ima berulang tahun pada bulan ke delapan, Ima dilahirkan pada bulan……

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.















Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
StandarKompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
Indikator : 2.3.1 Menentukan panjang atau pendek suatu benda.
Menunjukkan contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
Mengukur panjang dengan satuan tidak baku.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan panjang atau pendek suatu benda.
2. Siswa dapat menunjukkan contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
3. Siswa dapat melakukan pengukuran panjang suatu benda.

B. Materi Ajar
1. Satuan ukuran panjang yang tidak baku.
2. Membandingkan ukuran panjang dan pendek benda.
3. Pengukuran panjang suatu benda.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali pengertian satuan ukuran panjang.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta menyebutkan beberapa satuan ukuran panjang yang tidak baku.
2. Guru dan siswa mendiskusikan tentang satuan ukuran panjang yang tidak baku.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali tentang pengertian panjang.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan panjang.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang benda yang panjang dan pendek.
2. Secara demonstrasi, guru menunjukkan benda yang panjang dan pendek.
3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru , siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali tentang pengertian panjang.
Motivasi : Konsep tentang panjang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang cara mengukur panjang suatu benda.
2. Secara demonstrasi, guru menunjukkan cara mengukur suatu benda dengan satuan yang tidak baku.
3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, korek api, klip, dan lidi.

F. Penilaian
Teknik : Simulasi.
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis, unjuk kerja.
Contoh instrumen :
1. Anak-anak coba ukurlah panang meja dengan jari tanganmu.
2. Ukurlah panjang pensilmu dengan batang korek api.

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.




















Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
StandarKompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
Kompetensi Dasar : 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.
Indikator : 2.4.1 Menyelesaikan masalah dalam soal cerita yang berkaitan dengan waktu.
Menyelesaikan masalah dalam soal cerita yang berkaitan dengan panjang.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu.
2. Siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan satuan panjang.
3. Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam soal cerita.

B. Materi Ajar
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.
2. Menyelesaikan masalah dalam soal cerita.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang waktu dan panjang.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasi dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa menceritakan permasalahan yang sedang dihadapi yang berkaitan dengan waktu dan panjang.
2. Guru berdemonstrasi mejelaskan cara memecahkan masalah tersebut.
3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali pengukuran panjang.
Motivasi : Banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengukuran panjang.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa menceritakan masalah yang berhubungan dengan pengukuran panjang.
2. Guru membimbing siswa mencari pemecahan masalahnya.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Konsep tentang waktu dan panjang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi memecahkan masalah yang dialami.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya, sementara siswa yang lain menanggapi.
3. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang waktu dan panjang.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I,.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, kalender, jam dinding, dan penggaris.

F. Penilaian
Teknik : Tes, kuis.
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis.
Contoh instrumen :
Kerjakan soal-soal di bawah ini.
1. Panjang halaman Budi 15 langkah.
Panjang halaman Tini 9 langkah.
Halaman siapakah yang lebih panjang
2. Tuliskan nama-nama bulan dalam satu tahun.


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.

















Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
Tema : Benda
StandarKompetensi : 3. Mengenal beberapa bangun ruang.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).
Indikator : 3.1.1 Mengidentifikasi benda yang berbentuk bangun ruang.
Menunjukkan benda-benda yang berbentuk bangun ruang.
Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk bangun ruang.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasikan benda-benda bangun ruang.
2. Siswa dapat menunjukkan benda-benda bangun ruang di kelas.
3. Siswa dapat mengelompokkan benda-benda bangun ruang menurut jenisnya.

B. Materi Ajar
Benda bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat benda-benda yang berbentuk bangun ruang.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1 Melalui dialog, siswa dapat menyebutkan nama benda yang ada di kelas dan di rumah.
2 Dengan bimbingan guru, siswa menunjukkan benda yang berbentuk bangun ruang.
3 Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali pengertian bangun ruang.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan bangun ruang.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi mengelompokkan benda-benda yang berbentuk balok dan tabung.
2. Guru menggambarkan nilai pecahan dalam berbagai bentuk gambae, siswa membandingkan nilai pecahan berdasarkan gambar.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, balok, prisma, tabung, bola, kerucut, damn kubus.

F. Penilaian
Teknik : Pertanyaan
Bentuk instrumen : Lisan
Contoh instrumen :
1. Sebutkan benda-benda di rumahnya yang berbentuk balok dan berbentuk tabung.
2. Sebutkan benda-benda dirumahmu yang berbentuk bola dan berbentuk kerucut.


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.
































Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
StandarKompetensi : 3. Mengenal beberapa bangun ruang.
Kompetensi Dasar : 3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.
Indikator : 3.2.1 Mengurutkan benda-benda bangun ruang dari yang terkecil atau sebaliknya.
3.2.2 Menentukan pola urutan benda-benda bangun ruang
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengurutkan benda bangun ruang dari yang terkecil atau sebaliknya.
2. Siswa dapat menentukan pola urutan benda-benda bangun ruang.

B. Materi Ajar
Urutan bangun ruang.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali benda-benda bangun ruang.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.


Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa dapat mengurutkan benda-benda bangun ruang dari yang terkecil atau sebaliknya.
2. Guru mendemonstrasikan mengurutkan benda-benda bangun ruang.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Motivasi : Banyak kegiatan dalam masyarakat yang berkaitan dengan bangun ruang.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa menentukan pola urutan bangun ruang menurut jenis dan warnanya.
2. Guru membimbing siswa menentukan pola urutan bangun ruang.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, tabung, kerucut, balok, kubus, dan bola.

F. Penilaian
Teknik : Tes, kuis.
Bentuk instrumen : Tertulis.
Contoh instrumen :
Coba cari benda yang berbentuk tabung dan bola.
a. Kelompokkan benda-benda itu menurut bentuknya.
b. Urutkan benda-benda tersebut menurut warnanya.


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.



































Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
Tema : Peristiwa, kegiatan, dan lingkungan.
StandarKompetensi : 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 4.1 Membilang banyak benda
Indikator : 4.1.1 Membilang banyak benda dari 21 sampai dengan 99.
Menulis lambang bilangan dari pengelompokan benda.
Membandingkan dua bilangan dengan istilah kurang dari, lebih dari atau sama dengan.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membilang banyak benda dari 21 sampai dengan 99.
2. Siswa dapat menulis bilangan dari hasil pengelompokkan benda.
3. Siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan istilah kurang dari, lebih dari, atau sama dengan.

B. Materi Ajar
1. Membilang banyak benda.
2. Menuliskan lambang bilangan.
3. Membandingkan dua bilangan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demosntrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membilang benda-benda yang ada di lingkungan sekitar anak.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa dapat membilang banyak benda yang ada di lingkungan sekitar.
2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang dari 21 sampai dengan 99 dengan benar.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali pengelompokan yang sejenis.
Motivasi : Banyak kegiatan dalam masyarakat yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa mengelompokkan benda-benda dan menuliskan lambang bilangan dari jumlah benda tersebut.
2. Guru mendemonstrasikan penulisan lambang bilangan dalam bentuk panjang.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks.

F. Penilaian
Teknik : Pertanyaan.
Bentuk instrumen : Lisan.
Contoh instrumen :
Bandingkan dua bilangan di bawah ini dengan memberi istilah kurang dari, lebih dari, atau sama dengan.
1. 57….81
2. 93….39
3. 75….75

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.




























Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
StandarKompetensi : 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengurutkan banyak benda.
Indikator : 4.2.1 Mengurutkan bilangan dari 1 sampai 99.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengurutkan bilangan 1 sampai 99.

B. Materi Ajar
Mengurutkan banyak benda.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengulang kembali urutan kembali urutan bilangan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa mengurutkan bilangan dari yang terkecil.
2. Dengan berdiskusi, guru dan siswa mengurutkan bilangan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.

Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan kartu bilangan.

F. Penilaian
Teknik : Kuis, pertanyaan.
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis.
Contoh instrumen :


Tuliskan urutan bilangan seperti yang diminta.
1. 86; 75; 85; 34 → diurutkan dari yang terkecil
2. 39; 58; 25; 63 → diurutkan dari yang terbesar.


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
StandarKompetensi : 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
Indikator : 4.3.1 Menuliskan lambang bilangan.
4.3.2 Menuliskan baentuk panjang suatu bilangan.
4.3.3 Menentukan nilai tempat.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menuliskan lambang bilangan dua angka.
2. Siswa dapat menuliskan bentuk panjang bilangan dua angka.
3. Siswa dapat menentukan nilai tempat suatu bilangan dua angka.

B. Materi Ajar
1. Penulisan bilangan.
2. Bentuk panjang dari lambang bilangan.
3. Nilai tempat lambang bilangan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demosntrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali nama bilangan dan lambang bilangan.
Motivasi : Banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penulisan bilangan.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa dapat menyebutkan banyak benda yang ada di sekitarnya dan menuliskan lambang bilangannya.
2. Secara demonstrasi, guru menunjukkan cara penulisan lambang dari suatu bilangan.
3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali pengertian bilangan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi menuliskan bentuk panjang suatu bilangan dua angka.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.
3. Guru membimbing siswa menarik kesimpulan.
4. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa bersama guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali bentuk panjang suatu bilangan.
Motivasi : Konsep ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Dengan berdiskusi, siswa dapat menentukan nilai tempat suatu bilangan.
2. Guru berdemonstrasi menunjukkan cara menulis bentuk panjang suatu bilangan.
3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks.

F. Penilaian
Teknik : Tes, kuis
Bentuk instrumen : Tertulis
Contoh instrumen :
Isilah titik-titik di bawah ini.
1. enam puluh tujuh lambang bilangannya…….
2. delapan puluh tiga ditulis dengan angka…….
3. 48 = …..+….
4. 59 = …..puluhan + ……satuan



Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.















Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
StandarKompetensi : 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
Indikator : 4.4.1 Penjumlahan bersusun tanpa menyimpan.
4.4.2 Penjumlahan bersusun dengan menyimpan.
4.4.3 Pengurangan bersusun tanpa meminjam.
4.4.4 Pengurangan bersusun dengan meminjam.
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan penjumlahan bersusun tanpa menyimpan.
2. Siswa dapat melakukan penjumlahan bersusun dengan menyimpan
3. Siswa dapat melakukan pengurangan bersusun tanpa meminjam.
4. Siswa dapat melakukan pengurangan bersusun dengan meminjam.

B. Materi Ajar
1. Penjumlahan bersusun dengan atau tanpa teknik menyimpan.
2. Pengurangan bersusun dengan atau tanpa teknik meminjam.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali cara menjumlah bilangan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik,maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa menjumlahkan bilangan dua angka secara bersusun.
2. Secara demonstrasi guru menjelaskan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun.
3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali pengurangan bilangan.
Motivasi : Banyak masalah dalam masyarakat yang berkaitan dengan pengurangan
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang pengurangan bilangan dua angka.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan yang lain menanggapi.
3. Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang pengurangan bilangan dua angka.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku sumber Matematika I.

Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali cara menjumlah bilangan dua angka.
Motivasi : Banyak masalah sehari-hari yang berhubungan dengan penjumlahan.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang penjumlahan dua angka dengan teknik menyimpan.
2. Guru mendemonstrasikan tentang penjumlahan bersusun dengan teknik menyimpan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa bersama guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Keempat (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali cara pengurangan bilangan dua angka.
Motivasi : Konsep tentang penjumlahan dan pengurangan banyak digunakan dalam kegiatan sehri-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang pengurangan dua angka dengan teknik menyimpan.
2. Guru mendemonstrasikan tentang penjumlahan bersusun dengan teknik meminjam.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa bersama guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks

F. Penilaian
Teknik : Tes, kuis.
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis.
Contoh instrumen :
1. Kerjakan soal-soal penjumlahan berikut.
a. 52 + 4 = ……
b. 73 + 25 =…..
c. 25
28
+
…..
d. 47
28
+
. …...
2. Kerjakan soal-soal pengurangan berikut.
a. 38 – 15 = …..
b. 49 – 28 = …..
c. 73
28
-
….
d. 96
59
-
….


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.


































Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
Indikator : 4.5.1 Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan pada penjumlahan.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menerapkan sifat pertukaran pada penjumlahan.
2. Siswa dapat menerapkan sifat pengelompokan pada penjumlahan.
3. Siswa dapat menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Ajar
1. Sifat pertukaran.
2. Sifat pengelompokan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali penjumlahan dan pengurangan.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.

Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa menyebutkan sifat-sifat pengerjaan hitung penjumlahan yang digunakan.
2. Guru mendemonstrasikan penggunaan sifat pertukaran pada penjumlahan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal dari guru.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengenal kembali sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan.
Motivasi : Banyak kegiatan dalam masyarakat yang berkaitan dengan sifat-sifat pengelompokan dan penjumlahan.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa mendiskusikan penggunaan sifat pengelompokan dan penjumlahan
2. Dengan bimbingan guru, siswa menarik kesimpulan tentang penggunaan sifat pengelompokan dan penjumlahan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal dari guru.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengenal kembali sifat pertukaran dan engelompokan dalam penjumlahan.
Motivasi : Konsep ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang cara menentukan suku pada penjumlahan dengan sifat pertukaran dan pengelompokan.
2. Secara demonstrasi, guru menjelaskan penerapan sifat pertukaran dan pengelompokan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal dari guru.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberi tugas rumah

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan kartu bilangan.

E. Penilaian
Teknik tes : Tes, kuis
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Conton instrumen :
1. Tentukan nilai pada pernyataan berikut.
a. 35 + n = 19 + 35, n = …
b. (47 + 13) + 25 = 47 + (n + 25),n = …

Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP


















Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan
Kompetensi Dasar : 4.6 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
Indikator : 4.6.1 Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan
Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat merumuskan penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk cerita.
2. Siswa dapat menuliskan kalimat matematika dari suatu cerita tentang penjumlahan dan pengurangan.
3. Siswa dapat menyelesaikan pemecahan soal cerita dalam penjumlahan dan pengurangan.

B. Materi Ajar
1. Perumusan soal cerita.
2. Penulisan kalimat metematika dari soal cerita.
3. Penyelesaian soal cerita.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Bercerita tentang penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk kalimat.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akandapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa dapat merumuskan suatu cerita dengan bahasanya sendiri tentang penjumlahan dan pengurangan.
2. Guru membimbing siswa membuat kalimat cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1 Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali kalimat penjumlahan dan pengurangan dalam cerita.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan metematika
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang kalimat matematika dalam suatu soal cerita.
2. Guru membimbing siswa dalam menulis kalimat matematika.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali penulisan kalimat matematika dari suatu cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Motivasi : konsep ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi cara penyelesaian soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan.
2. Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberi tugas rumah

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan benda-benda.

F. Penilaian
Teknik tes : Tes, kuis
Bentuk instrumen : Tertulis
Conton instrumen :
Coba kerjakan soal berikut.
Di halaman rumah paman terdapat 3 pohon mangga yang sedang berbuah.
Paman memetik 78 buah mangga yang sudah masak.
47 buah diberikan kepada tetangga dan sisanya untuk keluarga.
Berapa banyak mangga untuk keluarga?

Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP













Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pengukuran berat.
Kompetensi Dasar : 5.1 Membandingkan berat benda (ringan, berat).
Indikator : 5.1.1 Mengenal benda yang berat dan yang ringan.
5.1.2 Mengukur berat benda.
5.1.3 Membandingkan berat benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan benda yang berat dan yang ringan.
2. Siswa dapat mengukur berat benda.
3. Siswa dapat membandingkan berat benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.

B. Materi Ajar
1. Berat benda.
2. Mengukur berat benda.
3. Membandingkan berat benda.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali cara menentukan berat benda.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa menunjukkan benda yang berat dan benda yang ringan.
2. Guru membimbing siswa cara menentukan berat benda.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1 Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali cara mengukur berat benda.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memcahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1 Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang cara mengukur berat benda.
2 Secara demonstrasi, guru menunjukkan cara mengukur berat benda dengan satuan yang tidak baku.
3 Siswa mengerjakan lartihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali penulisan tentang pengukuran berat benda.
Motivasi : Konsep tentang berat benda banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui berdiskusi, siswa mencoba membandingkan berat benda.
2. Guru menjelaskan cara membandingkan berat benda.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberi tugas rumah

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, benda-benda di sekitar, dan neraca timbangan.

E. Penilaian
Teknik tes : Simulasi
Bentuk instrumen : Unjuk kerja
Contoh instrumen :
Siapkan benda milikmu dan miik temanmu yang sejenis, bandingkan keduanya.
Tuliskan hasilnya.
Nama Benda Hasil Pengamatan
Tas Tas saya lebih berat daripada tas teman saya
Kotak pensil
Topi


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP.





















Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pengukuran berat.
Kompetensi Dasar : 5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
Indikator : 5.2.1 Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku.
5.2.2 Menggunakan timbangan untuk mengukur berat benda
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan tidak baku.
2. Siswa dapat mengukur berat benda dengan timbangan.
3. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.

B. Materi Ajar
1. Penggunaan satuan berat tidak baku.
2. Penggunaan timbangan untuk mengukur berat benda.
3. Penyelesaian masalah yang berkaitan dengan berat benda

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali pengukuran berat benda.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akandapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa diminta membandingkan berat benda yang satu dengan yang lain.
2. Guru dan siswa mendiskusikan tentang cara menentukan berat suatu benda.
3. siswa mengerjakan latihan soal-soal dari guru.
Penutup
1. Dengan bimbimgan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali penulisan tentang pengukuran berat benda.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan pengukuran berat benda.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang cara menimbang benda menggunakan timbangan.
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil dan yang lain menanggapinya.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal dari guru.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali tentang hal-hal dalam penimbangan benda.
Motivasi : Konsep tentang berat benda banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Bersama teman sebangku, siswa berdiskusi tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan berat benda
2. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan yang lain menanggapi.
3. Dengan bimbingan guru, siswa menarik kesimpulan.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberi tugas rumah

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks dan neraca timbangan.

E. Penilaian
Teknik tes : Simulasi
Bentuk instrumen : Unjuk kerja
Conton instrumen :
1. Bermain jungkat-jungkit untuk membandingkan berat benda.
2. Menimbang dengan neraca.
Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Kelas

____________ __________
NIP. NIP






















Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
Tema : Gejala Alam
Standar Kompetensi : 6. Mengenal bangun datar sederhana
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.
Indikator : 6.1.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.
6.1.2 Menjiplak dan membuat segitiga, segi empat, dan lingkaran
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan bangun datar segitiga, segi empat, dan lingkaran.
2. Siswa dapat menjiplak dan membuat segitiga, segi empat, dan lingkaran.

B. Materi Ajar
Bangun datar, segitiga, segi empat dan lingkaran.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali pengertian segitiga, segi empat, dan lingkaran.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akandapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.


Kegiatan Inti
1. Melalui dialog, siswa menyebutkan bangun datar segitiga, segi empat, dan lingkaran.
2. Guru dan siswa mendiskusikan tentang bangun datar segitiga, segi empat, dan lingkaran.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbimgan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah.
Mengingat kembali penulisan tentang bentuk-bentuk bangun datar.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk bangun datar.
Kegiatan Inti
1. Berdiskusi bersama teman untuk dapat menjiplak dan membuat segitiga, segi empat, dan lingkaran.
2. Secara demonstrasi, guru menunjukkan cara menjiplak bentuk segitiga, segi empat, dan lingkaran.
3. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas rumah.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, dan kertas tipis.

F. Penilaian
Teknik tes : Simulasi
Bentuk instrumen : Lisan, unjuk kerja
Conton instrumen :
Siswa diminta memperagakan membuat segitiga, segi empat, dan lingkaran.

Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP







































Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 6. Mengenal bangun datar sederhana.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
Indikator : 6.2.1 Mengelompokkan bentuk segitiga.
6.2.2 Mengelompokkan bentuk segi empat.
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran (1 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membuat bentuk segitiga.
2. Siswa dapat membuat bentuk segi empat.
3. Siswa dapat mengelompokkan bentuk segitiga.
4. Siswa dapat mengelompokkan bentuk segi empat.

B. Materi Ajar
Bangun datar, segitiga dan segi empat

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas tugas rumah
Mengingat kembali tentang pengertian segitiga dan segi empat.
Motivasi : Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.


Kegiatan Inti
1. Mengajak siswa untuk memperhatikan beberapa gambar segitiga dan segi empat.
2. Menyuruh siswa mengelompokkan bangun datar-datar tersebut menurut jenisnya, segitiga dan segi empat.
3. membentuk kelompok siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar yang mempunyai unsure segitiga dan segi empat, kemudian menyuruh siswa menyebutkannya.
4. Siswa mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku Matematika I.
Penutup
1. Dengan bimbimgan guru, siswa membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberi tugas.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, dan benda-benda di sekitar.

F. Penilaian
Teknik tes : Simulasi, pertanyaan.
Bentuk instrumen : Tertulis, lisan, unjuk kerja
Conton instrumen :
1.








a. Gambar manakah yang termasuk bentuk segitiga?
b. Gambar manakah yang termasuk bentuk segi empat?
2. Sebutkan benda-benda di sekitarmu yang permukaannya berbrntuk segitiga.

Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Kelas


____________ __________
NIP. NIP













Komentar :

ada 0 komentar ke “RPP MATEMATIKA KELAS 1 SD”

Poskan Komentar